PERDANA! WASBIN ONLINE PENGADILAN TINGGI MANADO

PERDANA! WASBIN ONLINE PENGADILAN TINGGI MANADO

Manado, 23 April 2020 – Selama 8 (delapan) hari kerja berturut - turut Pengadilan Tinggi Manado berhasil melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan secara Online. Kegiatan ini perdana dilaksanakan di lingkungan Peradilan Umum.

Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya telah ditegaskan dalam Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2017. Maklumat ini secara tegas memerintahkan kepada para Pimpinan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya secara berjenjang untuk melakukan pengawasan dan pembinaan baik di dalam maupun di luar kedinasan secara berkala dan berkesinambunga n serta mengawasi, memantau dan memastikan terlaksananya kebijakan pengawasan dan pembinaan di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan peradilan di bawahnya termasuk di dalamnya Perma 7,8,9 Tahun 2016 yang secara garis besar mengatur disiplin Hakim dan Aparatur MA dan badan peradilan di bawahnya.

Pengadilan Tinggi Manado dalam menjalankan perannya sebagai voorpost Mahkamah Agung di Provinsi Sulawesi Utara memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan Pengawasan dan Pembinaan terhadap seluruh Pengadilan Negeri di wilayah Sulawesi Utara.

Pengawasan dan Pembinaan telah menjadi kegiatan rutin yang direncanakan pelaksanaannya pada Semester I dan Semester II Tahun Anggaran berjalan. Untuk Tahun 2020, kegiatan Pengawasan dan Pembinaan dijadwalkan pada bulan April dan September.

Namun dengan adanya protokol – protokol kesehatan yang harus diterapkan selama masa pencegahan penyebaran COVID19, maka untuk periode Semester I, diputuskan oleh pimpinan Pengadilan Tinggi Manado bahwa Kegiatan tidak dilaksanakan secara tatap muka dengan mengunjungi Pengadilan Negeri namun dilaksanakan dengan metode telekonferensi. Maka dengan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Manado Nomor:W19.U/876/PS/IV/2020 tanggal 13 April 2020 telah ditugaskan Tim Pengawasan dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Manado bagi Pengadilan Negeri se-wilayah hukum Pengadilan Tinggi Manado. Adapun waktu pelaksanaannya adalah tanggal 13April 2020 s/d 22 April 2020.

Berikut ini adalah link Pelaksanaan Kegiatan Pengawasan bagi setiap Pengadilan Negeri se-Sulawesi Utara.:

  1. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Manado, 13 April 2020
  2. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Tondano, 14 April 2020
  3. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Bitung, 15 April 2020
  4. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Amurang , 16 April 2020
  5. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Airmadidi , 17 April 2020
  6. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Kotamobagu, 20 April 2020
  7. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Tahuna, 21 April 2020
  8. Pengawasan dan Pembinaan terhadap Pengadilan Negeri Melonguane, 22 April 2020

 

(SIHUTIDO)

Share