#MARImendengar merespon pandemi

#MARImendengar merespon pandemi

MANADO - Pada hari Kamis, 14 Mei 2020, KPT Manado, H. Arif Supratman, SH., MH, mengikuti kegiatan " #MARImendengar merespon pandemi" yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI.

Dalam kesempatan ini, KPT Manado mendapat kesempatan untuk menyampaikan situasi terkini di Pengadilan Tinggi Manado dan Pengadilan Negeri di wilayahnya terutama terkait pelayanan publik yang dilaksanakan sehubungan dengan merebaknya wabah Covid-19, bahwa Pengadilan Tinggi Manado telah menjalankan protokol - protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Gugus Penanganan Covid-19 seperti penggunaan masker, penyemprotan disinfekta, penggunaan hand sanitizer, social distancing dan juga physical distancing.

Bahwa Pengadilan Tinggi Manado juga telah menerapkan Surat Edaran Mahkamah Agung terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi selama masa pencegahan penyebaran Covid-19 dan mensosialisasikannya kepada seluruh aparatur PT Manado dan Pengadilan Negeri di Sulawesi Utara.

Bahwa PT Manado juga tetap menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan kepada Pengadilan Negeri menggunakan media telekonferensi untuk memantau pelaksanaan tugas Pengadilan Negeri terutama dalam penanganan perkara. Dilaporkan pula bahwa Pengadilan Negeri di wilayah PT Manado telah seluruhnya menggunakan telekonferensi untuk sidang perkara pidana untuk membatasi kehadiran para piha maupun pengunjung sidang di pengadilan dalam rangka penerapan social distancing. 

KPT Manado juga melaporkan bahwa sejauh ini aparatur Pengadilan Tinggi Manado dan Pengadilan Negeri di bawahnya tidak ada yang terindikasi ataupun mengalami gangguan kesehatan dikarenakan Covid-19 dan semoga untuk seterusnya demikian.

 

Kegiatan #MARImendengar diikuti oleh seluruh satuan kerja Mahkamah Agung RI pada empat Badan Peradilan. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan perdana YM Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH. pasca diambil sumpahnya sebagai Ketua Mahkamah Agung RI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, 30 April 2020 yang lalu.

 

(SIHUTIDO)

 

 

Share