INOVASI AUDIT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PT MANADO

INOVASI AUDIT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PT MANADO

MANADO - Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Opening Meeting Audit Internal Akreditasi Penjaminan Mutu PT Manado hari ini, Jumat 19 Juni 2020. 

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol physical distancing ini dibuka oleh KPT Manado, H. Arif Supratman, SH., MH selaku Top Manager menghadirkan Inovasi berupa kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan di lingkungan Badan Peradilan Umum secara khusus, dan di lingkungan Mahkamah Agung secara umum.

KPT Manado secara mengejutkan melakukan Sudden Test kepada para pejabat Struktural terkait poin - poin Akreditasi Penjaminan Mutu kepada Panmud Perdata, Kabag Kepegawaian dan Perencanaan serta Panmud Hukum. Jika biasanya Uji Petik dilaksanakan saat Audit Internal dilaksanakan oleh Assesor terhadap ketersediaan evidence/bukti fisik, namun kali ini Uji Petik diadakan di awal Audit oleh Top Manager dan dilaksanakan terhadap  para pelaksana kegiatan tersebut.

Menurut beliau, kegiatan ini dilaksanakan terkait dengan penguatan akuntabilitas kinerja setiap pegawai Pengadilan Tinggi Manado tanpa terkecuali. Bahwa evidence yang baik dan benar haruslah dihasilkan oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dalam hal ini dimulai dari pimpinan setiap bagian, baik Kesekretariatan dan Kepaniteraan sebagai role model untuk setiap pegawai yang berada pada struktur di bawahnya sehingga tidak ada alasan untuk setiap pejabat, pegawai maupun honorer PT Manado untuk tidak memahami tugas pokok dan fungsinya masing - masing. 

Kepada Panmud Perdata ditanyakan pengetahuan tentang akreditasi secara umum, kepada Kabag Kepegawaian dan Perencanaan ditanyakan perihal Nomenklatur Jabatan dan tatacara Reward/Punishment serta kepada Panmud Hukum ditanyakan perihal layanan yang ada di PT Manado.

Dalam tanggapan terkait jawaban Kepala Bagian Kepegawaian dan Perencanaan, KPT Manado menegaskan bahwa Kebijakan yang dibuat sudah melalui tahapan yang terukur dan legal. Misalnya punishment sudah melalui observasi, pemberian petunjuk dan mendorong peran serta sebagai pimpinan teknis, arahan, teguran, pengumpulan fakta melalui tim pemeriksa sebagai upaya terakhir penjatuhan punishment

Dalam kesempatan ini juga diperkenalkan layanan One Day Service selain One Day Minute dan One Day Publish sebagai inovasi terbaru yaitu One Day Service: Penerbitan Salinan Berita Acara Sumpah Bagi Advokat di hari yang sama dengan penyumpahan. Adapun inovasi lainnya yaitu layanan Permohonan Penyumpahan Advokat yang dapat dilaksanakan secara daring/online melalui website PT Manado (klik disini)

(SIHUTIDO)

 

 

 

Share