UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024

Pada hari ini, Sabtu (01/06) pimpinan dan pegawai Pengadilan Tinggi Manado, Pengadilan Tinggi Agama Manado, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado, Pengadilan Negeri Manado, Pengadilan Agama Manado, Pengadilan Militer III-17 Manado serta Pengadilan Tata Usaha Negara Manado secara bersama-sama melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, yang diselenggarakan di Kompleks Pengadilan Terpadu Manado.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado, YM. Bapak Simbar Kristianto, S.H. dan Komandan Upacara yaitu Hakim Militer Pengadilan Militer III-17 Manado, Kapten Chk Niko Yoga Satria,. S.S.T.Han., S.IP., S.H., M.H.

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila! SALAM PANCASILA!

 

Share