Penandatanganan Komitmen Kerjasama Pemanfaatan Aplikasi AVATAR untuk Penyumpahan Advokat di Pengadilan Tinggi Manado.

Penandatanganan Komitmen Kerjasama Pemanfaatan Aplikasi AVATAR untuk Penyumpahan Advokat di Pengadilan Tinggi Manado.

Manado - Senin, 18 April 2022 kemarin, sebelum acara Pengambilan Sumpah/Janji Advokat, dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Kerjasama antara Pengadilan Tinggi Manado, dalam hal ini KPT Manado, Dr. H. Lexsy Mamonto, SH., MH dengan Kongres Advokat Indonesia Sulawesi Utara, yang diwakili Ketua DPD KAI Sulawesi Utara, John Jesky Sada, SH., untuk Pemanfaatan Aplikasi AVATAR (Advocat Oath Register) dalam Layanan Penyumpahan Advokat di Pengadilan Tinggi Manado.

Aplikasi AVATAR dikembangkan oleh Tim Inovasi Pengadilan Tinggi Manado didasarkan pada kebutuhan untuk memperbaiki proses bisnis Penyumpahan Advokat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan secara administratif untuk internal maupun untuk pelayanan publik (dalam hal ini bagi Advokat sebagai pengguna layanan). Selama ini pendaftaran Penyumpahan Advokat di Pengadilan Tinggi Manado menggunakan fitur pendaftaran melalui website Pengadilan Tinggi Manado. Seiring berjalannya waktu dan juga karena adanya pandemi, penggunaan fitur ini dirasa tidak efektif karena masih menggunakan proses manual dalam pendaftaran calon advokat, verifikasi dan juga penerbitan Salinan Berita Acara Sumpah.
Selain itu, dalam survey IKM dan IPK pada periode - periode terdahulu terdapat respon pengguna layanan Penyumpahan Advokat yang merasa tidak puas dengan layanan tersebut.

Dengan adanya Komitmen Kerja sama ini, kedua belah pihak menyatakan setuju untuk penggunaan aplikasi AVATAR sebagai komitmen bersama untuk mendukung Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Tinggi Manado dan sebagai perwujudan program anti gratifikasi dan anti KKN yang sejalan dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah/Janji Advokat.

(SIHUTIDO)

Share