PARA HAKIM TINGGI PT MANADO RESMI MENJADI ASESOR APM BERSERTIFIKAT

PARA HAKIM TINGGI PT MANADO RESMI MENJADI ASESOR APM BERSERTIFIKAT

MANADO - Bertempat di Ruang Sidang Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH, pada tanggal 9-10 September 2021 dilaksanakan Bimbingan Teknis bagi Calon Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Tinggi Manado oleh Tim dari Ditjen Badilum Mahkamah Agung RI.

Bimbingan Teknis ini dibuka secara resmi oleh KPT Manado, Bapak Dr. H. Lexsy Mamonto, SH., MHum.
Selama 2 hari, tim yang dipimpin Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum (PAPU), Ibu Zahlisa Vitalita, memberikan materi - materi seputar pelaksanaan APM baik untuk keperluan Asesmen Internal PT Manado maupun materi untuk penilaian APM ke Pengadilan Negeri Kelas IB dan Kelas II.

Kegiatan yang diawali dengan pre-tes ini berlangsung dengan intens dimana KPT Manado dan para Hakim Tinggi yang menjadi peserta secara langsung bertukar pikiran dengan Narasumber sehingga kendala - kendala yang pernah muncul di lapangan saat pelaksanaan APM dapat dibahas bersama untuk kemudian dirumuskan solusi yang nantinya menjadi pedoman dalam pelaksanaan Asesmen Internal maupun saat melakukan penilaian APM di Pengadilan Negeri.

Di akhir kegiatan, diserahkan sertifikat kepada para Hakim Tinggi yang mengikuti kegiatan ini sehingga resmi disebut sebagai Asesor.

Direktur PAPU, Ibu Zahlisa, dalam sambutan penutupnya mengapresiasi para Hakim Tinggi yang telah sangat antusias mengikuti setiap materi sehingga pada post-test dapat diperoleh kenaikan persentasi pemahaman materi lebih dari 80%. Beliau berpesan agar angka ini diwujudnyatakan dalam pelaksanaan APM sehingga dapat menghasilkan perbaikan yang berkesinambungan, baik di PT Manado maupun di Pengadilan Negeri se-Sulawesi Utara, terutama dalam mendukung Pembangunan Zona Integritas di wilayah hukum PT Manado menuju Wilayah Bebas daei Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

(SIHUTIDO)

#mahkamahagungri #ditjenbadilum #pengadilantinggimanado #ptmanado #akreditasi #APM
#zi #pembangunanzi #zonaintegritas

Share